Thursday, March 5, 2009

English is Easy guy!!

Assalamualaikum…

Banyak diantara kita menginginkan bisa berbahasa inggris dengan baik, ingin nilai TOEFLnya lebih dari 550. mungkin kita orang awam menilainya sangatlah susah belajar bahasa inggris dan mendapatkan nilai sebanyak itu. Akan tetapi, apa sih yang tidak mungkin selagi kita berusaha dan berdoa? Saya ingin berbagi pengalaman saja tentang bahasa inggris dan TOEFL pastinya.
Dulu aku gak suka apa yang dinamakan bahasa inggris, antilah pokoknya. Ya di kelas aku hanya mencontek dan tidak menghiraukan waktu pelajaran bahasa inggris. Tetapi, mengikuti berkembangnya zaman, aku mulai menyadari pentingnya bahasa inggris dan pada waktu itu mungkin telah dikatakan terlambat, karena aku baru menyadari ketika aku kelas 3 SMA. Tetapi hal itu tidak mengurungkan niatku untuk belajar dan menguasai bahasa inggris degan baik dan fasih mengucapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Aku belajar bahasa inggris sendiri, memakai buku langsiran papahku, ya bukunya udah sangat jelek tapi yang penting adalah isinya. Selama kurang lebih 1 tahun, kalau belajar efektifnya sih kurang dari itu lah, kira-kira hanya 6 bulan deh, aku bisa memahami grammar dan structure dalam penggunaan bahasa inggris yang benar. Yah setelah aku belajar itu, aku mengikuti tes TOEFL, iseng2 lah mencoba hasil belajar, alhamdulillah aku dapet 510, aku seneng, ternyata aku bisa, bahkan temen-temenku yang dulu lebih jago dari aku, aku bisa menyaingi mereka, aku tidak takut lagi dengan bahasa inggris. Malah temen2ku sekarang menjadi belajar dari aku,hehehe, bukannya sombong loh!
Banyak orang yang menganggap inggris itu susah, padahal tidak. Aku ada saran untuk yang ingin belajar bahasa inggris, semoga kalian jadi lebih jago dari aku, amin
1. kalau tidak ada biaya yang cukup untuk les, tidak usah khawatir, belajar sendiri pun bisa guys!! Asal punya tekat, guts dan kemauan yang keras. Tentunya harus bersabar!
2. belajarlah bertahap, dulu sih aku belajar dari structure dan grammar dahulu, dari bukunya Cliff, beli aja bukunya, gak terlalu mahal kok, yang bekas juga gak apa2, yang penting isinya. Kalau mau minjam punyaku juga boleh, aku ada banyak neh, nyante ajah….
3. belajar rutin, tiap hari 1 jam lebih baik dari pada 1 kali seminggu tapi 12 jam.
4. perbanyak kosakata ( ini sangat penting ), membaca cerita2 berbahasa inggris ( apa ajalah yang pake bahasa inggris, news juga bisa, menulis diary berbahasa inggris, berlatih conversation di depan cermin, yakinlah itu sangat membantu kalian. Jangan nyerah kalau pertama kali kamu terlalu banyak kata yang tak dimengerti, catat dan hafalkan! Terus begitu.
5. nonton vcd/dvd film barat juga membantu dalam listening dan mengenal bahasa sehari2 mereka (native speakernya ) lho.
6. gunakanlah target! Maksudnya berapa bulan yang kamu buthkan untuk menguasai 1 bahan,
7. buatlah jadwal yang membagi pola latihan anda, misalnya minggu pertama adalah listening, minggu kedua adalah vocabulary, minggu ketiga adalah grammar, ya begitu seterusnya.
8. ingat! Tidak ada kata terlambat, sabar, tekun, dan bekerja keras!
Yang terpenting adalah anda yakin dan sabar. Itu semua yang aku tulis adalah pengalaman pribadi saja, sekarang ini aku juga terus melakukan hal seperti itu, biar TOEFL ku nilainya naik jadi 600, amin insyaallah, dan kuliah di luar negeri. Amin, doain yah……hehehehe
Kalau uda berhasil dengan metode ini, kirim comment yah, gud luck guys!!

Wassalamualaikum…

“ Tidak ada yang tidak mungkin selagi kita berusaha dan berdoa kepada Allah “.

No comments:

Post a Comment

kasih komen yah mbak n mas!
makasih banyak........

is it looking-good?

Nice to meet you anybody.....
Have a nice day....